www.infobisnisfutsal.com


Berikut ini beberapa ulasan kami mengenai bangunan/konstruksi lapangan futsal :

A.Bangunan Lapangan Futsal

Pada dasarnya, bangunan lapangan futsal memiliki 2 tipe yaitu :

1.  Indoor Futsal

Indoor futsal adalah lapangan futsal yang memiliki bangunan permanen dimana lapangan ini tertutup oleh atap sehingga lapangan futsal tidak terjemur matahari atau terkena air hujan


2.Outdoor Futsal

 Outdoor futsal adalah lapangan futsal yang tidak memiliki bangunan penutup sehingga lapangan  ini terbuka, hanya dibutuhkan pipa untuk pegangan jaring.  Futsal ini akan terkena sinar matahari dan air hujan langsung sehingga untuk lapangan outdoor  ini dibutuhkan lantai futsal yang khusus digunakan di area outdoor atau area terbuka


B.Biaya yang dibutuhkan

Indoor Futsal

Berdasarkan dari pengalaman kami dalam membangun dan mengelola puluhan lapangan futsal maka dibutuhkan biaya sekitar Rp. 400 juta untuk 1 lapangan standar 17 x 27 mtr. Harga ini hanya bangunan induk saja berupa bangunan seperti gudang dengan lantai cor nya, untuk bangunan sipil seperti toilet 1 buah, kamar ganti 3 kamar dan kantin, kira kira membutuhkan biaya berkisar 80 - 100 juta, tentu tergantung dari besar dan luasnya masing2 kamar.

Biaya bisa membengkak apabila bangunan tersebut dibangun lebih ekslusif atau bisa lebih murah dengan menggunakan spesifikasi bahan yang lebih rendah. Standar besi kolom dari bangunan tsb diatas adalah dengan menggunakan bahan besi WF 200. Jadi apabila anda ingin memiliki usaha futsal dengan 1 bangunan lapangan, kira2 biaya yang dibutuhkan sekitar 400 juta untuk bangunannya saja + 100 juta bangunan sipil = 500 juta rupiah Angka Rp. 500 juta ini tentu relatif, sangat tergantung dari kualitas bahan, luas bangunan dan faktor2 lainnya.

Berikut ini adalah gambar dari bangunan futsal indoor :

Outdoor Futsal

Untuk outdoor futsal, biaya tidak sebesar indoor futsal karena tidak dibutuhan bangunan utk menutup lapangan, lapangan outdoor futsal hanya membutuhkan lantai cor dan tiang pegangan untuk pegangan jaring.

Berapa biaya yang dibutuhkan :

Pastikan tanah yang akan dicor sudah rata dan padat, apabila belum pada maka harus dilakukan perataan dan pemadatan.

Semisal anda ingin membuat lapangan futsal outdoor dengan ukuran standar nasional  16 x 26 maka utk pengecoran lantai harus dilebihkan 50 cm masing2 sisi ( 4 sisi ) sehingga ukuran luas lantai cor akan menjadi 17 x 27 m = 459 m2 Utk ketebalan lantai cor, minimal 10 cm, jangan dibawah 10 cm karena rentan retak atau terbelah.

Biaya yang dibutuhkan sekitar Rp. 130 juta dimana untuk lantai cor luas 17 x 27 kira2 75 juta dan pembuatan pegangan jaring sekitar Rp. 55 juta.

Untuk pegangan jaring, menggunakan pipa minimal 4 inch dengan ketebalan 3 mm untuk tiang utama ( 6 tiang ) dan pipa 2.5 inch dengan ketebalan 2.5 mm untuk tiang penunjang. Tinggi pipa adalah 6 mtr, jadi pipa tiang utama ini dicor ke dalam cor semen sedalam 75 cm dengan menggunakan fondasi cakar ayam di tiap pipa kolom ( 6 tiang ).

Berikut in adalah gambaran dari futsal outdoor :

C.Beberapa hal yang harus diperhatian

Apabila anda ingin membuat futsal indoor, perhatikan beberapa hal sbb :

1. Tinggi bangunan

Seperti kita ketahui bahwa besi wf untuk konstruksi baja adalah 6 m atau 12 mtr, kami sarankan untuk tinggi bangunan futsal anda di sisi kiri dan kanan minimal 6 mtr, namun kami sarankan anda untuk membuat tinggi lapangan menjadi minimal 7 m dengan memanfaatkan pedestal setinggi 1 m.

 Lihat gambar berikut ini :

2. Perputaran udara dalam lapangan

Kenyamanan dalam ruang futsal indoor sangat tergantung dari arus keluar masuk udara di dalam bangunan tersebut. Berdasarkan pengalaman kami, banyak sekali pemilik yang membuat kesalahan dengan menembok rapat bangunan futsal sehingga udara tidak bebas keluar masuk, selain itu biaya menembok full lapangan futsal sangat mahal, alhasil sudah membuang biaya besar lapangan juga pengap, sehingga pemain tidak merasa nyaman pada saat bermain futsal. Apabila lokasi lapangan di daerah pegunungan atau daerah dingin, ya baiknya memang ditembok rapat, tidak masalah krn kalau daerah dingin lapangan tidak akan pengap.

3. Alur keluar masuk perputaran udara di dalam lapangan futsal

Pengalaman kami, banyak sekali klien yang tidak mengerti masalah ini, mereka datang kepada kami dengan kondisi lapangan yang sudah jadi, namun banyak sekali kesalahan yang tidak perlu terjadi seandainya mereka konsultasikan dahulu kepada kami sebelum selesai pembangunan. Kami berharap tulisan kami ini bermanfaat bagi anda untuk menghindari kesalahan2 yang tidak  perlu terjadi.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering terjadi :

1. Bangunan tertutup rapi dengan dinding bata di ke 4 sisinya.

Seandainya lapangan anda berada di pegunungan dengan udara yang dingin, tentu ini tidak menjadi masalah, namun apabila bangunan ini terletak di daerah dengan suhu  tropis/panas maka bangunan ini akan terasa menyiksa dikarenakan pemain sebelum bermain futsal sudah keringatan duluan krn kepanasan. Beberapa klien memang memberikan roster ( bata bolong2 ) untuk keluar masuk udara namun hal ini tidak menolong krn udara yang masuk akan dialihkan ke atas bangunan itupun udara sangat sedikit, sudah sedikit dialihkan ke atas pula sehingga tidak bermanfaat bagi pemain futsal. Bagi anda yang sudah terlanjut membuat lapangan full tertutup ini, maka untuk mengatasinya diberikan kipas angin 22 inch sebanyak 6 titik, atau diatap bisa menggunakan exhaust fan seperti yang sering kita lihat di pabrik2 sekitar kita. Bisa anda bayangkan, sudah mengeluarkan biaya besar utk pasang bata di 4 sisi, namun hasil nya malah membuat pemain tidak merasa nyaman. Ada beberapa alasan yang mau tidak mau harus membuat bangunan seperti ini salah satunya supaya tidak mengganggu tetangga jadi dengan di bata 4 sisi suara berisik pemain akan berkurang. Maka solusinya adalah menambah kipas angin 22 inch atau memasang exhaust fan diatap bangunan.

Perhatikan gambar berikut ini utk bangunan yang tertutup di 4 sisinya :

2. Bangunan dengan konstruksi terlalu terbuka

Konstruksi lapangan yang terbuka akan mengakibatkan air hujan masuk ke dalam bangunan. Apabila air hujan sampai masuk ke dalam lapangan, dipastikan lapangan tsb tidak nyaman karena lantai futsal akan licin terkena air hujan.

Berikut ini adalah gambar dari lapangan futsal yang terlalu terbuka.

Bisa anda bayangkan apabila hujan deras disertai angin kencang, maka limpasan air hujan dipastikanakan masuk ke dalam lapangan, hal ini tentu harus dihindarkan.Jadi dari beberapa klien yang datang kepada kami, umumnya 2 hal inilah kesalahan mereka yaitulapangan terlalu tertutup atau lapangan terlalu terbuka.Lantas bagaimana bangunan futsal yang baik ?

Dari gambar2 diatas, terlihat beberapa kesalahan yang sering terjadi karena ketidak mengertian pemilik futsal.

Lantas seperti apa lapangan futsal yang baik :

Bangunan futsal yang baik adalah yang terbuka di 4 sisinya, minimal 2 sisi yang terbuka dan diberikan kanopi pada daerah yang terbuka supaya udara bisa masuk tetapi air hujan tidak masuk.

Utk menghindari air hujan, paling tidak kanopi ini memiliki lebar minimal 2.5 m.

Perhatikan gambar berikut ini :

Berikut ini lapangan futsal yang tertutup, ditembok di 4 sisi sehingga aliran udara terganggu 

Gambar berikut ini adalah gambar lapangan yang simple dan benar :

Dari sisi keluar masuk udara, lapangan futsal ini terbuka hampir di 4 sisinya, dan di 4 sisinya diberikan kanopi dengan panjang 2.5 m di setiap sisinya. Bisa anda perhatikan, Udara di dalam lapangan bisa mengalir bebas dan air hujan tidak masuk ke dalam lapangan.

Nah, seperti ini lah kira2 konsep lapangan futsal yang baik dan juga biaya lebih murah karena tidak diperlukan dinding bata di 4 sisinya.

Berikut ini adalah beberapa lapangan futsal yang baik :

Demikianlah sedikit informasi mengenai bangunan futsal yang dapat kami bagikan, untuk lebih detailnya

silahkan kirimkan pertanyaan anda melalui email kami : infobisnisfutsal@gmail.com


Hormat Kami,

www.InfoBisnisFutsal.com

Info Bisnis Futsal

Jl. Kh. Hasyim Ashari No. 99, Pinang, Ciledug, Tangerang
: 081 6181 3331, 082 1111 90 775, : 082 1111 90 775, BBM : 546B11BA